KPU Keluarkan SK Penetapan Parpol Tahun 2018

TONDANO – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa, Meidy Yafet Tinangon, SSi, M.Si, Jumat (15/12) kemarin mengatakan, KPU akan mengeluarkan Surat Keputusan (SK) penetapan Partai Politik (Parpol) sebagai peserta pemilu, pada tahun 2018 mendatang. Hal ini sesuai dengan ketetapan yang dilakukan oleh KPU RI.

 “Ketentuan penerbitan SK diatur dalam Pasal 179 Undang-undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu. Surat diberikan saat KPU menetapkan parpol peserta pemilu pada Februari 2018. Nantinya yang akan menentukan Parpol peserta pemilu adalah pusat. Dan SK penetapannya dikeluarkan pada tahun 2018 mendatang, sesuai aturan KPU RI,” ungkap Tinangon.

Lebih lanjut, Tinangon mengatakan, saat ini KPU Minahasa sementara melakukan pencuplikan sampling dua Parpol yang akan dilanjutkan ke verifikasi faktual. Dintaranya, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan Partai Persatuan Indonesia (Perindo). Sedangkan 10 Parpol tidak dilakukan verifikasi faktual karena partai lama. “ Jadi total yang lakukan pendaftaran di KPU Minahasa ada 14 Parpol, namun 2 Parpol dinyatakan tidak memenuhi syarat. Dan dari 12 Parpol, hanya dua yang lakukan verifikasi Faktual, 10 Parpol lainnya tidak dilakukan karena partai lama, sudah terverifikasi sejak tahun 2014 lalu,” ungkapnya.

Ditempat terpisah, Ketua Devisi Hukum KPU Minahasa, Decky Paseki, SH, MH menambahkan, secara Nasional masih ada 9 parpol lagi yang akan ditentukan oleh KPU RI.

” 9 Parpol yang direkomendasikan Bawaslu untuk diverifikasi administrasi, termasuk 3 Parpol di Minahasa yaitu PKPI, PBB dan Partai Republik,” kuncinya. (alee)

12 Peserta Parpol Dinyatakan Memenuhui Syarat :

1. PAN

2. PDI P

3. P. DEMOKRAT

4. P. GERINDRA

5. P. GOLKAR

6. P.  HANURA

7. PKS

8. PKB

9. P. NASDEM

10. PPP

11. PSI

12. PERINDO

– Partai Tidak Memenuhi Syarat (TMS)

1.  P. Berkarya

2.  P.  Garuda

Sumber KPU Minahasa

"BAGIKAN BERITA INI MELALUI..."

Related posts

Leave a Comment