Pemkab Optimis Serapan Anggaran Tahun 2017 Capai 100 Persen

TONDANO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa melalui Dinas Keuangan optimis, ditahun 2017 serapan anggaran seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) bisa mencapai 100 persen. Pasalnya, akhir November 2017, serapan anggaran SKPD di Minahasa sudah sampai 80 persen. Hal ini diungkap Kepala Dinas Keuangan, Riany Suawarno melalui Kepala bidang (Kabid) anggaran, Refly Igir, Kamis (14/12) kemarin.

Menurut Kabid angggaran Pemkab Minahasa, Refly Igir, untuk kekurangan yang ada dikarenakan ada sejumlah SKPD yang masih lakukan pengurusan dan tertunda proses penyelesaian kontrak kerja yang sudah ditenderkan. ” Namun Jika melihat data, porsi belanja dan pendapatan terjadi ketidak seimbangan. Karena posisi bulan November serapan belanja baru sekitar 70 persen dari pagu sebesar Rp.1,3 Milliar. Dan total pendapatan kita telah mencapai Rp.1 Milliar dari target Rp. 1,2 Milliar atau telah mencapai 80 persen dan terus bergerak,” tandasnya.

Hal senada diungkap Sekretaris Daerah (Sekda) Minahasa, Jeffry Robby Korengkeng, SH, M.Si, Menurut Korengkeng, kepada seluruh SKPD agar dapat bergerak cepat lakukan pengurusan anggaran. Mengingat waktu berakhirnya periode penggunaan anggaran segera berakhir. “Kalau ada yang masih dalam proses lelang segera dipercepat. Tapi bersyukur, realisasi serapan tahun ini lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya , segera masukan Surat Permohonan (SPM) pencairan. Dana kita siap di keuangan,” ungkap Korengkeng.

Hal senada diungkap, Kepala Bagian Administrasi Pembangunan, Philip Siwi. Menurutnya, realisasi serapan khususnya Dinas PU yang berkontribusi besar, biasanya terlihat diakhir tahun. Dirinya juga mengapresiasi kinerja sejumlah dinas yang berkontribusi positif dalam realisasi program anggaran tahun ini. “Diantaranya, Dinas Dukcapil, Diskominfo, DP3A dan Damkar. Ini masih berjalan, mudah-mudahan teman-teman SKPD lainnya juga bisa memanfaatkan sisa waktu anggaran yang ada ini, posisi saat ini serapan anggaran terus bergerak diatas 70 persen,” tuturnya.(alee)

"BAGIKAN BERITA INI MELALUI..."

Related posts

Leave a Comment