Semnas Tata Kelola Pariwsata di Palembang Sukses, Kadis Budpar : SDM Berkualitas Merupakan Kunci Sukses Keberlanjutan

Palembang – Seminar Nasional (Semnas) Tata Kelola Destinsi dan Pemberdayaan Masyarakat yang digelar oleh Kementerian Pariwisata RI, (Kamis 7/12) di Hotel Novotel Palembang, Sumatera Selatan berlangsung sukses pelaksanaannya.

Semnas yang mengambil tema “Penguatan Peran Manajemen Destinasi dalam Mendukung Keberlanjutan Pariwisata”, dibuka pelaksanaannya oleh Deputi Menteri Pariwisata Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata Dadang Rizky Ratman SH MPA ini, yang diawali dengan laporan Asisten Deputi Bidang Tata Kelola Destinasi Kemenpar Dra Oneng Setya Harini MM, dan diikuti oleh para Kepala Dinas Pariwisata Provinsi, Kabupaten dan Kota se-Indonesia serta stakeholder Pariwisata nasional lainnya.

Dengan menampilkan Nara Sumber pada materi pertama, yaitu Asisten Deputi Bidang Pengembangan Infrastruktur dan Kemenpar Dr Frans Teguh MA dan Dr Adjie Kusworo dari UGM, dengan Moderator Prof Dr Ir Winda Mercedes Mingkid, serta Materi kedua oleh Praktisi Pariwisata Yuswohadi ST MM, Jonathan Thamrin SE dari Travacello dan Ir Ari Suhadi dengan Moderator Hengki Hermanto MURP MPA, Semnas ini menyimpulkan bahwa pengembangan destinasi pariwisata harus meliputi semua perubahan pada sebuah lokasi yang menghasilkan sesuatu yang bernilai lebih, baik yang terencana maupun tidak.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Minahasa Agustivo Tumundo SE MSi yang mengikuti kegiatan ini mengatakan, bahwa rekomendasi lain yang dihasilkan Semnas, diantaranya bahwa pengembangan destinasi Pariwisata harus dilakukan dengan strategi yang menciptakan pariwisata yang aman, nyaman, menarik, mudah dicapai, berwawasan lingkungan untuk meningkatkan pendapatan nasional, daerah dan masyarakat. Disamping itu, jika ingin pariwisata berkelanjutan maka penting untuk melakukan investasi pada pengembangan SDM, karena SDM yang berkualitas merupakan salah satu kunci sukses keberlanjutan. “Pariwisata merupakan salah satu sektor yang terus tumbuh dan tetap bertahan meski menghadapi tantangan global. Olehnya pembangunan pariwisata itu harus dalam suatu sistem yang kompleks, dan untuk membangun pariwisata yang berkelanjutan harus dilakukan dalam tata kelola institusi inovatif” ujar mantan Kabag Humas dan Protokol Pemkab Minahasa ini.

Akhir dari Semnas tersebut berupa sambutan penutupan kegiatan oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Selatan Irene Camelyn Sinaga AP MPd.(alee)

"BAGIKAN BERITA INI MELALUI..."

Related posts

Leave a Comment